Sy Fasha Belum Menyatakan Maju di Pilwako Jambi 2018

Pasangan Sy Fasha dan Abdullah Sani ketika menghadapi Pilwako Jambi tahun 2013 lalu. Foto: Istimewa

BRANDANEWS.CO.ID – Lobi politik dalam menghadapi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Jambi periode 2018 – 2023, mulai berhembus kencang. Bahkan, sudah banyak yang memprakirakan bakal ada tiga pasang calon yang akan merebut kursi walikota dan wakil walikota itu.

Hanya saja, seperti dikatakan Direktur Forum Jambi Bangkit (FJB) Nasroel Yasier kepada reporter brandanews.co.id, Kamis (31/5-2017), walaupun sekarang beredar prakiraan di masyarakat akan ada tiga pasang calon di Pilwako nanti, tetapi hingga saat ini masih terkesan “malu-malu kucing’ terkecuali Abdullah Sani yang sudah menggaungkan untuk maju sebagai calon Walikota Jambi itu.

“Kalau Abdullah Sani, sekarang menjabat Wakil Walikota Jambi sudah mulai terang terlihat bakal maju sebagai calon, tetapi kalau yang lain masih terkesan malu walaupun mereka sudah ada yang melakukan pemasangan baliho, spanduk dan kegiatan lainnya di masyarakat. Hanya saja, belum menyatakan maju,” kata Nasroel Yasier.

Selanjutnya, Nasroel Yasier mengungkapkan, khusus untuk calon incumbent yakni Walikota Jambi Sy Fasha, sampai saat ini belum juga menyatakan kesiapan dirinya untuk maju di Pilwako itu.

“Kita tidak mengetahui apa alasannya sehingga Sy Fasha belum menyatakan untuk maju di periode berikutnya, namun kemungkinan besar kalau Walikota Jambi itu sedang berkonsentrasi untuk melaksanakan tugas – tugasnya sebagai kepala daerah,” ujarnya.

Sementara itu, keterangan lain yang diperoleh brandanews.co.id dari kalangan masyarakat, seperti pedagang, misalnya, kandidat calon Walikota dan Wakil Walikota yang akan bertarung di Pilwako 2018, terdapat empat pasang, selain calon incumbent Sy Fasha, Abdullah Sani, dan Zumi Laza Zulkifli, dan Maulana.

Demikian seperti dikatakan Nurdin Husain (49) salah seorang pedagang ayam potong di Pasar Tradisional Angso Duo. “Padagang disini sudah banyak yang tau dan memprediksikan Pilwako Jambi akan diikuti empat pasang calon, dan sekarang sudah mulai terlihat walaupun belumlah menyatakan maju secara fulgar,” terangnya.

Seperti contoh, calon incumbent Walikota Jambi Sy Fasha, tampak sudah terlihat adanya tim – tim yang membangun kekuatan politik untuk memenangkannya. Walaupun, kata Nurdin, Ia tidak mengetahui secara pasti apakah kelompok itu sudah mendapat persetujuan atau belum darinya.

“Tetapi yang jelas, sudah ada pemasangan spanduk, baliho di sudut – sudut kota, dan atribut lainnya, seperti yang dilakukan, seperti kelompok incumben Sy Fasha,  Abdullah Sani, Zumi Laza dan Maulana,” ungkapnya, dan sembari mengatakan, kemungkinan terkecil bisa juga terjadi kalau Pilwako itu akan diikuti tiga pasang calon karena salah satu dari empat calon yang mulai digadang-gadangkan itu ternyata lebih memilih sebagai calon wakil.

Kita lihat saja nanti, kata Nurdin, tetapi yang jelas semarak menghadapi Pilwako Jambi 2018 sudah terlihat, termasuk sudah terlihat munculnya sejumlah nama calon wakil yang bermunculan sekarang ini.(sal/pon)

Print Friendly, PDF & Email