Tanjabtim Terdapat Belasan Pelabuhan Tikus Rawan Penyelundupan

0
74
Alur perairan di Kecamatan Sabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur rawan penyelundupan. poto/pon
BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi– Belasan pelabuhan tikus yang terdapat di Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim), Provinsi Jambi, dijadikan pintu masuk kejahatan penyelundupan.
 
Sedikitpun pihak kepolisian tidak boleh lengah mengawasi keberadaan belasan pelabuhan tikus itu, demikian dikatakan Kepala Polisi Resort (Polres) Tanjungjabung Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Marinus Marantika Sitepu kepada reporterbrandanews.co.id, Selasa (5/9-2017) malam.
 
Pelaku penyelundupan, kata Marinus, terus mengawasi situasi perairan di daerah ini, dan ketika pihak kepolisian sedikit saja lengah, langsung dimanfaatkan mereka untuk memasukan barang hasil kejahatan penyelundupan ke daerah ini.
 

Salah satu alur perairan di Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjungjabung Timur. poto/porno
Buktinya, Senin (4/9-2017) dini hari, pihak Polres Tanjabtim berhasil menangkap dua truk Cold bermuatan 22 koli berbagai jenis barang hasil selundupan, seperti sparepart kendaraan, sepatu, pakaian dan beberapa barang lainnya yang sudah siap diberangkatkan ke tujuan pengiriman di Kota Jambi.
 
“Barang hasil selundupan itu sudah keluar dari pelabuhan tikus, dan selanjutnya berhasil ditangkap saat truk melintas di Kecamatan Sabak Timur, dan sekarang ini pihak kepolisian sedang memproses untuk selanjutnya dilimpahkan kepada pihak Bea dan Cukai Jambi,” terangnya.
 
Menurut Marinus Marantika Sitepu, di daerah ini sedikitnya ada 15 pelabuhan tikus yang terdapat di sepanjang perairan yang terhubung ke Provinsi Kepulauan Riau. “Kondisi inilah yang dimanfaatkan pelaku kejahatan penyelundupan untuk memasukan barang hasil selundupan mereka melalui Pulau Batam,” terang Marinus.
 
Sekarang ini, pihak Polres Tanjabtim bersama jajaran Polair Polda Jambi, kata Marinus, terus melakukan penjagaan ekstra ketat terhadap belasan pelabuhan tikus yang ada itu, dan selanjutnya pihaknya juga tetap melakukan patroli rutin tidak saja diperairan tetapi di darat, untuk mengantisipasi tidak lolosnya barang hasil kejahatan penyelundupan itu.
 
Sementara itu, informasi lain yang diperoleh reporterbrandanews.co.id, ternyata di Kabupaten Tanjungjabung Barat yang merupakan daerah berdampingan dengan Kabupaten Tanjungjabung Timur juga terdapat belasan pelabuhan tikus.
 
Kondisinya serupa dengan yang ada di Kabupaten Tanjungjabung Timur, pelaku kejahatan penyelundupan memanfaatkan pelabuhan tikus itu, kata salah seorang nelayan di Kuala Tungkap yang enggan disebutkan namanya.
 
Selain aksi kejahatan penyelundupan yang terjadi di sepanjang perairan pantai Timur Jambi, ternyata perairan itu juga marak aksi penangkapan ikan dengan menggunakan pukat harimautrawl, dan tidak hanya itu akibat lemahnya pengawasan di peraian tersebut aksi kejahatan penyelundupan bahan bahar minyak kerap kali terjadi. (sal/pon/jul)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *