Target PDAM Tirta Mayang 2025, Produksi Air Bersih Mesti Mencapai 2.000 Liter/Detik

0
27
BRANDANEWS.CO.IDPembangunan infrastruktur air bersih yang sekarang begitu mendapat skala prioritas Walikota Jambi Syarif Fasha, tentunya harus berkelanjutan. Sebab apa ? Kota Jambi tahun 2025, membutuhkan produksi air bersih mencapai 2. 000 liter/ detik.
 
Karena itu, dikatakan Erwin Jaya Zuchri, jika tidak dimulai saat sekarang tentunya pencapai produksi air bersih PDAM Tirta Mayang untuk kebutuhan masyarakat di daerah ini tahun 2025 yang mencapai 2. 000 liter/ detik, pastinya akan sulit, sehingga jika hal itu tidak bisa tercapai secara otomatis kebutuhan air bersih menjadi gawat karena mengalami krisis air bersih.
“Kondisi itu bakal tidak bisa disangkal jika pembangunan infrastruktur air bersih pendukung PDAM Tirta Mayang tidak segera dilaksanakan dari saat sekarang ini,” katanya.
Dirut PDAm Tirta Mayang Erwin Jaya Zuchri dalam keterangannya kepada brandanews di ruang kerjanya belum lama ini mengatakan, sekarang ini calon pelanggan PDAM Tirta Mayang yang masih dalam daftar tunggu mencapai 7. 000 sambungan.
“Tentunya, daftar tunggu PDAM itu cukup tinggi. Namun, angka itu juga termasuk calon pelanggan yang belum mengurus administrasi sesuai ketentuannya. Jadi tidaklah melulu daftar tunggu itu dikarekanan tidak dapat tersambung,” terangnya.
Menyingggung target PDAM Tirta Mayang tahun 2018 mendatang, kata Erwin, paling tidak perusahaan ini mampu meningkatkan sambungan air bersih kepada calon pelanggan hingga mencapai 47 ribu sambungan, sedangkan tahun 2016 sudah berhasil tersambung hingga mencapai 15 ribu sambungan, dengan jumlah pelanggan sebanyak 66 ribu.
Disamping itu, menurut Erwin, untuk menyahuti kebutuhan air bersih dari 66 ribu pelanggan yang ada itu, produksi air saat ini sudah mencapai 1.080 liter/detik. Jumlah itu belum termasuk produksi air dari IPA beton yang sedang dibangun dengan produksi airnya mencapai 600 liter/detik.
Artinya, jika nantinya IPA benton itu berproduksi PDAM Tirta Mayang telah mampu memproduksi air bersihnya dengan kapasitas 1. 680 liter/detik. Jika tahun 2025 daerah ini membutuhkan produksi air bersih PDAM sebanyak 2.000 liter/ detik.
Sekarang, tinggal dibutuhkan kapasitas produksi 200 liter/detik tahun 2025, sedangkan yang ada saat ini kapasitas terpasang dari seluruh IPA yang dimiliki PDAM Tirta Mayang mencapai 1.800 liter/ detik.
“IPA yang ada seluruhnya sudah bisa memproduksi air bersih mencapai 1.080 liter/detik, sedangkan kapasitas terpasang IPA yang ada itu sudah mampu mencapai 1.800 liter/detik,” terangnya. (noer faisal/adv)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *