Tim Fakultas Peternakan Universitas Jambi Mengadakan Kegiatan Transfer Teknologi Pengolahan Limbah Menjadi Kompos Dan Biourin

BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi – Tim kegiatan pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Jambi yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Adriani, MSi, Ir. Indra Sulaksana, MSi dan Dr. Ir. Yurleni, MSi mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Pandan Sejahtera Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur khususnya pada kelompok tani Sumber Mandiri.

Program ini merupakan salah satu kegiatan tridarma perguruan tinggi yaitu pengabdian Kepada Masyarakat yang didanai Kemenristek Dikti melalui skim PKM (Program Kemitraan Masyarakat) tahun 2019 dengan judul “ Penerapan teknologi Starbo-AFE untuk produksi kompos insitu dan biourin plus dalam mengurangi pemakaian pupuk anorganik di kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Kegiatan pengabdian ini merupakan diseminasi produk teknologi kampus kemasyarakat dalam memproduksi kompos insitu dan biourin plus. Kegiatan ini merupakan hasil diskusi dan koordinasi dengan berbagai pihak seperti kelompok tani Sumber Mandiri, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan PPL. Dari diskusi didapat  informasi potensi wilayah, permasalahan dan keinginan kelompok dalam pengembangan usaha kedepan untuk  mengurangi pemakaian pupuk anorganik dengan membuat kompos. Kompos dibuat dari limbah yang tersedia di sekitar petani, Sehingga limbah yang selama ini terbuang bisa bernilai ekonomis, meningkatkan pendapatan sekaligus bisa menfasilitasi  produk teknologi Perguruan tinggi kemasyarakat.

Kegiatan dimulai dengan berkoordinasi pada kelompok tani, PPL dan perangkat desa mengenai rencana kegiatan yang dilakukan, kemudian dilakukan kegiatan penyuluhan, pembuatan rumah kompos dan instalasi biourin, melengkapi peralatan penunjang pembuatan kompos (kultivator, angkong dan mesin jahit karung) dan biourin, serta praktek pembuatan kompos dan biourin. Sementara alat mencacah pelepah kelapa sawit (chopper) dibantu dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada tahun 2018 lalu. Dengan demikian terjadi sinergivitas antara perguruan tinggi, Dinas Terkait dan Masyarakat dalam transfer ilmu pengetahuan ke masyarakat. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah diseminasi produk hasil penelitian kemasyarakat yaitu starter starbo-AFE.

Starter Starbo-AFE adalah produk hasil penelitian tim Fakultas Peternakan UNJA yang berperan sebagai starter bahan organik. Kelebihan dari produk Starbo-AFE adalah proses pengomposan berjalan lebih cepat, kualitas kompos dan biourin yang dihasikan lebih baik (kandungan N, P dan K lebih tinggi, C/N rasio sekitar 14), bau yang ditimbulkan selama proses pengomposan sangat berkurang dan membunuh bakteri pathogen. Produk Starbo-AFE dapat merombak feces sapi dan limbah kelapa sawit dengan baik.

Kelompok sasaran yang dipilih untuk diseminasi produk starbo-AFE ini adalah kelompok tani yang memiliki potensi limbah peternakan dan perkebunan kelapa sawit yang memadai. Salah satunya adalah kelompok tani Sumber Mandiri. Pada kelompok tani ini tersedia feses sapi sekitar 4.301 kg/hari, dan limbah pelepah sawit sebagai bahan baku pembuatan kompos insitu. Selain itu juga tersedia bahan baku urin sapi untuk pembuatan biourin yang sangat bermanfaat untuk pupuk organik cair.

Untuk memastikan bahwa kelompok tani bisa memahami pengetahuan yang diberikan, maka pada kegiatan ini juga dilakukan praktek dan percontohan pembuatan kompos insitu dan biourin plus. Tujuannya adalah setelah program pengabdian selesai dilakukan, maka anggota kelompok bisa memproduksi kompos insitu dan biourin plus dengan baik, serta mngoptimalkan pemanfaatan peralatan yang sudah diberikan, mengurangi pemakaian pupuk anorganik dan dapat meningkatkan pendapatan kelompok tani. (Prof. Dr. Ir. Adriani, MSi)

Print Friendly, PDF & Email