BRANDANEWS.CO.ID/NewsJambi  –  “Bangsa ini besar, kita butuh toleransi, keragaman kita menjadi suatu kekuatan kalau ada toleransi. Jangan jadikan perbedaan itu menjadi suatu yang memecah belah kita,  tetapi itu menjadi suatu kekayaan kita” – Gubernur Jambi, H. Zumi Zola

Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA berharap agar dengan perayaan Natal bisa memperkuat persaudaraan sosial di Provinsi Jambi, baik intern maupun antar umat beragama. Harapan tersebut dikemukakan Zola dalam Perayaan Natal Bersama Umat Kristiani se Provinsi Jambi Tahun 2017, bertempat di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kotabaru, Jambi, Kamis (28/12) malam.

Tema perayaan Natal tersebut adalah “Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu (Kol 3 : 15a),” dan Sub tema “Dengan Semangat Natal, Umat Kristiani Jambi Meningkatkan Peran dalam Mewujudkan Kedamaian dan Kerukunan Antar Umat Beragama Menuju Jambi TUNTAS.”

“Saya berharap, melalui perayaan Natal ini bisa semakin memperkuat tali persaudaraan sosial di Provinsi Jambi,” ujar Zola.

Zola mengatakan bahwa Natal adalah suasana damai untuk mewujudkan kedamaiam dan keharmonisan masyarakat untuk sama-sama berbuat kebajikan.

Zola menyatakan, kemajemukan di Indonesia menjadi hal yang positif jika ada toleransi yang baik. Untuk itu, Zola mengimbau umat Kristiani dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk bersama-sama menerapkam toleransi yang baik.

Zola mengungkapkan, kondisi Provinsi Jambi aman dan merupakan hal yang sangat mendukung bagi pelaksanaan pembangunan Provinsi Jambi. “Saya sangat bersyukur atas kondisi Jambi yang aman, itu bukan hanya hasil kerja saya dan Pak Walikota beserta jajaran saja serta aparat keamanan, tetapi merupakan hasil kerja semua masyarakat Provinsi Jambi,” tegas Zola.

Zola menuturkan, saat Malam Natal  (24 Desember 2017), dia dan Kapolda Jambi serta Danrem 042/Garuda Putih memantau keamanan pelaksanaan ibadah Natal di gereja-gereja di Kota Jambi untuk memastikan ibadah malam Natal bisa berlangsung dengan aman dan tertib. “Itu memang tugas kami,” tegas Zola.

Zola juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kerukunan beragama, yang dampaknya sangat bagus terhadap pembangunan Provinsi Jambi. “Saya mengajak semua untuk sama-sama menjaga ketertiban dan toleransi di Provinsi Jambi,” tutur Zola.

“Saya mengapresiasi acara ini berlangsung lancar. Kami sebagai kepala daerah diundang. Kami baik sebagai gubernur, bupati, dan walikota berharap dapat memberi rasa aman kepada seluruh umat beragama di Provinsi Jambi untuk melaksanakan ibadahnya,” tambah Zola.

Zola mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat dan dukungan dari semua pihak sehingga perayaan Natal hari ini bisa berjalan dengan baik,” lanjut Zola.

“Bangsa ini besar, kita butuh toleransi, keragaman kita menjadi suatu kekuatan kalau ada toleransi. Jangan jadikan perbedaan itu menjadi suatu yang memecah belah kita, tetapi itu menjadi suatu kekayaan kita,” ungkap Zola.

“Saya sangat bersyukur, di Jambi ini, meskipun beragam, tetapi kondisinya aman dan damai, ini menjadi modal yang sangat besar untuk melakukam pembangunan. Saya mengucapkan selamat natal dan menyambut tahun baru,” pungkas Zola. #

Walikota Jambi, H.Sy.Fasha menyatakan, pemerintah harus memastikan bahwa umat beragama di Jambi jangan ada yang bergesekan. “Itu adalah tugas kami,” ujar Fasha.  asha mengatakan, tahun ini Pemerintah Kota Jambi twlah mengeluarkan 6 izin pembangunan gereja di Kota Jambi, dan 11 izin sedang dalam proses. “Jaga izin ini dan jaga kepercayaan kami,” tegas Fasha.

“Ini menandakan bahwa kami bukanlah pemimpin agama, tetapi pemimpin masyarakat,” lanjut Fasha.

Fasha berpesan kepada panitia pembangunan gereja, jangan sampai bergesekan dengan masyarakat setempat.

Perwakilan dari 3 Aras Gereja (PGI, pentakosta, dan Katolik), Pendeta R. Gultom mengimbau seluruh umat Nasrani untuk turut berkontribusi terhadap kemajuan Provinsi Jambi.

Ketua Panitia Natal Oikumene Provinsi Jambi Tahun 2017, Poltak Sitanggang, ME mengemukakan harapan dengan perayaan Natal, yakni supaya umat Kristiani menjadi membawa damai bagi seluruh umat manusia, bukan hanya bagi yang seiman, tetapi juga bagi yang berbeda iman, serta bagi lingkungan sekitar.

“Umat Kriatiani siap mendukung pemerintahan yang ada, untuk kemajuan Kota dan Provinsi Jambi,” tambah Poltak.

Tampilan beberapa lagu dari Peace Acapella (dari Jakarta), paduan suara Pesparawi Jambi, dan persembahan lagu dari Gubernur Jambi beserta istri, Hj.Sherrin Tharia Zola turut memeriahkan perayaan Natal tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur dan istri disambut dengan tarian kehormatan dari Nias, dan Zola dikenakan rompi kehormatan budaya Nias. (sal/humas pemprov jambi)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Verifikasi Bukan Robot *