Asal Usul Macan Kemayoran Persija

Cerita Di Balik Nama Macan Kemayoran, Julukan Persija Jakarta - Bola  Nusantara

Macan kemayoran biasa dijadikan nama panggilan bagi persija Jakarta. Sepakbola bergengsi di tanah air ini memang sedari dulu sudah diisi oleh pemain – pemain yang handal. Persija juga memiliki berbagai pemain unggul dan siap untuk membela squad persija hingga kelak mencapai kemenangan. Solidaritas antar tim juga tidak diragukan lagi karena seluruh tim persija solid dan kompak. Berikut tentang Asal Usul Macan Kemayoran Persija antara lain :

  • Macan kemayoran diambil dari cerita rakyat

Asal Usul Macan Kemayoran Persija ini berasal dari cerita rakyat. Hal ini diawali dari kisah yang cukup panjang. Ada seorang pemuda yang bernama murtando dan dirinya hidup pada masa colonial belanda. Dia merupakan sesosok pria yang memiliki wajah tampan dan berani. Kejujuran, kesopanan hingga keterampilannya dalam menjaga perdamaian di lingkungannya menjadikannya sesosok yang dikagumi. Dirinya berani melawan penjajahan dan siap untuk membantu banyak orang keluar dari konflik peperangan. Akibat keberaniannya, hingga kini murtando dijuluki sebagai macan kemayoran.

  • Persija menjadi sesosok macan yang tangguh

Macan kemayoran sendiri sepertinya bukanlah isapan jempol. Club sepakbola dengan nama persija sendiri mengambil nama macan kemayoran sebagai wujud pemberani dan siap melawan ketidakadilan. Didalam dunia sepakbola, sang macan selalu berani melawan dan siap untuk menaklukkan lawan – lawannya. Persija sebagai salah satu club sepakbola yang sukses juga ingin menjadi sesosok pemenang dan siap membela Indonesia untuk menjadi juara sepakbola hingga Internasional.

  • Sejarah persija

Persija sendiri memiliki sejarah yang panjang. Persija didirikan pada 28 november 1928 dengan nama awalnya yakni Voettballbond Indonesia Jacatra (VIJ). Pada kala itu, persija juga menjadi salah satu wadah berkumpulnya club besar yang ada di Batavia. Pada tahun 1950, nama asli VIJ sendiri diubah menjadi persija dan diketuai oleh jusuf jahja.

  • Persija menjadi salah satu pencentus berdirinya PSSI

Macan kemayoran yang juga menjadi nama lain dari persija ternyata juga menjadi salah satu pencentus berdirinya PSSI. Bagi yang belum tau, PSSI merupakan salah satu lembaga yang menaungi sepak bola di seluruh Indonesia. Pada kala itu, PSSI mulai diusulkan dan akhirnya resmi berdiri pada 19 april 1930. Dengan sejarahnya yang panjang, persija terus berusaha keras agar PSSI menjadi salah satu wadah yang siap menjembatani seluruh persatuan sepakbola Indonesia.

  • Persija sebagai salah satu tim sepakbola kuat

Persija juga menjadi salah satu tim atau club sepakbola yang kuat dan disukai oleh banyak orang. Persija pernah menjadi club sepakbola tersukses yang mampu meraih juara. Kala itu 11 gelar juara pernah disabet oleh persija yang dimulai pada tahun 1931, 1933 dan masih banyak lagi. Pada era yang sudah berbeda yakni era professional, persija juga pernah meraih juara sebanyak 2 kali yakni 2018 dan 2019 sebagai pemenang.

  • Meraih piala quoch khan

Gelar juara persija tidak hanya berhenti di tingkat nasional. Persija juga pernah meraih juara internasional di Vietnam pada tahun 1973. Kejuaraan internasional ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri. Persija juga masih memiliki gelar prestasi lainnya di luar negeri.

  • Meraih piala sultan brunei Darussalam

Persija juga pernah meraih piala sultan brunei Darussalam. Ajang bergengsi ini telah diraih oleh persija di tahun 2000 yakni pada saat brunei menggelar invitation cup.

Macan kemayoran merupakan julukan yang dibenamkan didalam diri persija. Julukan ini sekaligus menjadi penyemangat bagi seluruh tim dan pemain sepakbola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *